Budget ke Lombok via Bali


Akhirnya setelah sekian lama, aku pun punya kesempatan melancong lagi, haha. Bergejolaklah dalam benak “tahun ini harus menginjak pulau baru”, lalu terlintas mau ke Lombok tetapi setelah melihat harga tiketnya, akupun menutup mata dan langsung keluar dari aplikasi pembelian tiket. Nampaknya Tuhan agak iba dengan karyawati yang minim budget ingin berholidei ria, tanpa undangan kebetulan sekali kakak sepupu ingin pergi ke Bali mengunjungi tante, aku awalnya tidak berminat ikut karena sedang patah hati tidak bisa ke Lombok terkendala cuan, eh seolah tante bisa membaca pikiranku yang galau, beliau mengajak menyeberang ke Lombok dari Bali. Bah, semacam dapat angin dari surga, akupun langsung semangat dan ingin segera bulan Januari, hahahaha

Baiklah cukup paragraf pembuka yang tidak terlalu penting tersebut, wkwkkwk. Marilah kita mulai dengan khusyuk menyimak pengeluaran tukang jalan minim cuan kali ini. Seluruh biaya pengeluaran ini yang berlaku pada Januari 2020 maka mungkin beberapa tarif terutama transportasi bisa berubah. Kargo dimulai dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan dengan 2D2N di Kuta, Bali; 2D1N di Lombok; dan 3D2N di Jimbaran cekidooot :



Note:
  • Pengeluaran tidak termasuk akomodasi dan transportasi di Bali. Tapi banyak kok hotel murah di sekitar Kuta, sewa mobil lepas kunci mulai sekitar 350rb untuk Avanza sedangkan mobil kecil mungkin lebih murah lagi, fuel sekitar 200rb sudah cukup sampai ke Ubud. Penyewaan motor di sekitar Kuta juga banyak pilihan, harganya juga terjangkau dari 75rb-100rb, tergantung jenis motor.
  • Kendala tukang jalan minim cuan dari Banjarmasin ya pasti harga tiket yang cukup mahal, tenang bisa diakalin. Belilah tiket tanpa bagasi jadi cukup bawa ransel dengan baju tidak terlalu banyak, pulang dari jalan-jalan baru beli tiket dengan bagasi.
  • Jarak dari Kuta ke Pelabuhan Padang Bai cukup jauh, disarankan pergi subuh biar dapat fastboat yang pagi jadi tiba lebih cepat. Perjalananku ke Lombok DISINI
  • Bagi yang ingin menginap di Gili Trawangan, penginapan di Gili Trawangan juga banyak pilihan, mulai dari 150rb. Kalau air yang digunakan air tawar harga penginapan agak mahal. Tapi biaya hidup disana mahal karena ya memang daerah wisata yang lebih banyak turis daripada warga lokal. Ceritaku di Gili Trawangan DISINI
  • Belilah air mineral dan makan siang di Padang Bai agar nanti di Gili Trawangan tidak jajan banyak, hehe hemat
  • Pulang menyeberang ke Bali lewat Pelabuhan Lembar saja jadi bisa main dulu di Gili Nanggu dkk karena jarak Pelabuhan Nawun dekat dengan Lembar. Jangan lupa beli tiket terlebih dahulu, ambil saja penyeberangan malam, penyeberangan selalu ada kok sampai tengah malam.
  • Masuklah kapal duluan agar bisa mencari tempat strategis tidur, hehe. Jangan lupa bawa selimut karena beberapa kapal tidak tersedia matras maupun sleeping bag, jadi supaya nyaman tidur ya bawa sendiri saja.
  • Private boat di Gili Nanggu muat untuk 8-10 orang termasuk dokumentasi dengan GoPro, tiket masuk pulau, pelampung, snorkel dan waktu sepuasnya.
  • Kalau memang sangat diperlukan sekali membawa oleh-oleh serta tiada dapat dihindarkan, belilah manisan rumput laut yang bisa dibagi, kacang kapri murah meriah atau sabun kemasan kecil khas Bali dengan berbagai wewangian (biasanya buah atau bunga)
  • PALING PENTING DARI SEGALA CATATAN : PASTIKAN SAMPAHMU TIDAK TERTINGGAL DI DARAT MAUPUN DI AIR
Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya masuk dalam novel Laskar Pelangi di Belitung Timur

Budget Liburan ke Bangkok, Thailand

Parasit pada Ikan yang Mirip tapi Tidak Kembar (Zoothamnium, Epistylis dan Vorticella)