Parasit pada Ikan yang Mirip tapi Tidak Kembar (Zoothamnium, Epistylis dan Vorticella)

Gambar 1.Vorticella sp. Gambar 2. Zoothamnium sp. Gambar 3. Epistylis sp.

lobster Gambar di atas merupakan parasit yang terdapat di lapisan insang kepiting bakau, mereka tidakbisa dibedakan jika tidak familiar dengan mereka bahkan tidak dapat melihat keberadaanmereka.Mereka sangat kecil tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, dan juga warna merekatransparan sehingga semakin sulit menemukan mereka. Mereka merupakan parasit yang adadi ikan sering ditemukan pada lapisan insang kepiting, insang ikan, kaki udang, kaki renangbahkan dapat hidup di sirip ikan. Parasit ini masuk dalam satu phylum yaitu protozoa. Mari kita kenal satu persatu parasit kecil nan indah ini :)

Zoothamnium sp

Gambar 2. Zoothamnium sp. yang ditemukan pada lapisan insang kepiting

Klasifikasi :

Domain : Eukaryota
Kingdom : Chromalveolata
Superphylum : Alveolata
Phylum : Ciliophora
Subphylum : Intramacronucleata
Class : Oligohymenophorea
Subclass : Peritrichia
Ordo : Peritrichida
Family : Zoothamniidae
Genus : Zoothamnium
Species : Zoothamnium sp.

kami sering menyebut parasit ini dengan zoo ^^
Berdasarkan hasil pengamatan saya, parasit ini berwarna transparan dan keputih-putihan. hidup secara berkoloni biasanya ada 3 sel atau lebih di air tawar, payau maupun laut. badan memanjang berbentuk kerucut ke hampir bulat, posterior dengan tangkai yang melekat pada substrat. parasit ini biasanya menempel pada lapisang insang kepiting, kaki renang lobster dan bahkan terdapat di kaki renang kepiting. umumnya parasit ini hidup pada struktur organ ikan yang menyerupai rambut seperti lapisan insang kepiting. Sedangkan menurut Alifuddin (1993), parasit ini sering membentuk koloni yang tersusun pada tangkai yang bercabang-cabang namun bersifat "contractile", dari pembelahan menghasilkan "telotroch" yang merupakan fase berenang bebas.

Epistylis sp
Gambar 3. Epistylis sp. yang ditemukan pada lapisan insang kepiting

Klasifikasi :

Domain : Eukaryota
Kingdom : Chromalveolata
Superphylum : Alveolata
Phylum : Ciliophora
Subphylum : Intramacronucleata
Class : Oligohymenophorea
Subclass : Peritrichia
Ordo : Peritrichida
Family : Epistylidae
Genus : Epistylis
Species : Epistylis sp.

naah, untuk parasit yang satu ini kami sering menyebutnya epis :)
Berdasarkan hasil pengamatan saya, ciri-ciri dari parasit ini adalah berwarna transparan bertangkai namun tidak berkontraktil, sel-selnya mampu berkontraksi. protozoa ini bukan merupakan parasit obligat ikan yang sering kami temukan di lapisan insang kepiting dan berbentuk mirip seperti cangkir atau tulip. Sering membentuk koloni bercabang.

Menurut Hadiroseyani (1990), Epistylis sp. bersifat sesil yang menempel pada substrat seperti insang dan kulit ikan. hidup parasit ini berkoloni dan masing-masing individu dihubungkan dengan stalk yang dapat berkontraksi. Menurut Alifuddin (1993), parasit ini berukuran 50-250 mikro, membentuk koloni dan tersusun pada tangkai yang bercabang-cabang namun bersifat "non-contractile". berkembang biak dengan pembelahan. Sedangkan menurut Yuasa, dkk (2003), Epistylis sp. merupakan protozoa bersiliata berkoloni yang berbentuk silinder tipis atau lonceng dengan tangkai yang panjang dan nonkontraktil dengan panjang kira-kira 0,4-0,5 mikrometer.

Vorticella sp

Gambar 4. Vorticella sp. yang ditemukan pada lapisan insang kepiting

Klasifikasi :

Domain : Eukaryota
Kingdom : Chromalveolata
Superphylum : Alveolata
Phylum : Ciliophora
Subphylum : Intramacronucleata
Class : Oligohymenophorea
Subclass : Peritrichia
Ordo : Peritrichida
Family : Vorticellidae
Genus : Vorticella
Species : Vorticella sp.

untuk parasit yang ini kami sering menyebutnya dengan vortii =D
Berdasarkan hasil pengamatan saya, parasit ini dapat ditemukan di lapisan insang kepiting, kaki renang lobster air tawar dan insang ikan, dengan bentuk mirip seperti lonceng terbalik dan berwarna transparan. memiliki tangkai yang pipih dan silindris. parasit yang satu ini tidak memiliki percabangan maupun tidak dalam bentuk koloni, Vorticella memiliki 1 individu tiap tangkainya. berkembang biak dengan cara bertunas dan konjugasi. konjugasi merupakan reproduksi seksual dari Vorticella yaitu dengan cara dengan menyisipkan DNA pada individu yang lain.

Vorticella sp. semuanya bersifat soliter dan menempel pada substrat dengan tangkai yang kontraktil. sel-selnya mempunyai bentuk seperti lonceng terbalik, disekeliling peristoma terdapat cilia, sel mengandung makronukleus dan mikronukleus, sel berwarna kekuningan atau kehijauan, dapat hidup di perairan tawar atau laut, pada stadia dewasa menempel pada obyek-obyek yang terendam air, baik berupa tumbuhan maupun hewan air (Dana dkk, 1994).




Sumber :
-Daftar Pustaka:
Alifuddin, M. 1993. Penyakit Protozoa pada Ikan. Lab Kesehatan Ikan Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan-Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Dana, D. dkk. 1994. Petunjuk Teknis Determinasi Parasit Ikan. Pusat Karantina Pertanian dan IPB. Bogor.
Hadiroseyani, Y. 1990. Informasi Praktikum Parasit Ikan Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Yuasa, K. dkk. 2003. Panduan Diagnosa Penyakit Ikan. Teknik Diagnosa Penyakit Ikan Budidaya Air Tawar di Indonesia. Balai Budidaya Air Tawar Jambi. Jambi.

- sumber gambar dari hasil pengamatan di Laboratorium Balai Karantina Ikan Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin

- sumber taksonomi dari NCBI dan penggabungan dari literatur lain (untuk taksonomi berbeda-beda tergantung referensi atau literatur yang digunakan)

- sumber deskripsi dari pengamatan secara langsung

Komentar

Anonim mengatakan…
thanks... informasinya bermanfaat bangat,...
Anonim mengatakan…
Hello would you mind stating which blog platform you're working with?
I'm going to start my own blog soon but I'm having a difficult time making a
decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
The reason I ask is because your layout seems different then
most blogs and I'm looking for something completely unique.
P.S My apologies for being off-topic but I had to ask!


Feel free to visit my web-site: The Amazing Spider-Man apk

Postingan populer dari blog ini

Budget Liburan ke Bangkok, Thailand

Serunya masuk dalam novel Laskar Pelangi di Belitung Timur